17.05
0
AVOmeter adalah kependekan dari Ampere Volt Ohm meter, sesuai namanya kegunaannya untuk mengukur arus, tegangan dan hambatan listrik.
Ada dua jenis AVOmeter yaitu AVOmeter analog dan AVOmeter digital.
Kadang orang menyebut AVOmeter dengan multi tester.


Langkah yang perlu diperhatikan dalam penggunaan AVOmeter :

1. Pilihlah skala yang sesuai, biasakan gunakan skala terbesar terlebih dahulu dan jika ingin lebih teliti baru skalanya diturunkan.
Sebagai contoh misalnya kita gunakan sebuah AVO meter analog untuk mengukur tegangan pada suatu sumber tegangan AC. Kita tempatkan saklar pada posisi VAC (pengukuran untuk tegangan AC), pilih skala tertinggi. Lihat simpangan jarumnya apakah sudah cukup untuk dapat terbaca ataukah simpangannya terlalu kecil sehingga sulit terbaca. Jika simpangan jarumnya terlalu kecil maka skala pengukuran bisa kita turunkan lagi sampai mendapatkan hasil simpangan yang dapat terbaca dengan baik. Jangan memilih skala yang terlalu kecil sehingga jarum menyimpang melebihi batas maksimum pengukuran, ini dapat merusakkan AVO meter. Penting juga memperhatikan polaritas jika yang kita ukur berkaitan dengan arus dan tegangan DC. Jangan sampai terbalik karena dapat juga merusakkan AVO meter.

2. Untuk AVOmeter analog perlu dikalibrasi sebelum digunakan untuk mengukur. Caranya hubungkan tap2 AVOmeter lalu putar penepat not (kalibrator) hingga jarum tepat menunjukkan angka 0 ohm, baru kemudian siap digunakan. Jika skala pengukuran diubah biasanya harus dikalibrasi lagi.

3. Untuk AVOmeter digital biasanya dilengkapi dengan kemampuan untuk mengukur kapasitas sebuah kapasitor serta hfe transistor, dan tanpa perlu dikalibrasi.
Sepertinya memang lebih praktis tapi harganya juga praktis lebih mahal.



Tapi ada juga AVO meter analog yang lumayan mahal karena memang hasil bacaannya akurat dan bagus, cuma tetep bacanya mesti harus melirik simpangan jarum
Nah sampai disini saja dulu uraian singkat mengenai AVO Meter..



untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat di http://www.geocities.ws/nerdi/multimeter_atau_avo_meter.html
dan http://bo-gorhealty.blogspot.com/2012/10/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja_2003.html.