22.08
0
PCB (Printing Circuit Board)

Pengenalan Design PCB

apakah itu PCB?? Pastinya kita semua sudah tahu,
PCB adalah papan yang biasa digunakan untuk meletakkan komponen2 elektronika yang diperlukan dalam alat2 elektronik.
Dengan adanya PCB maka komponen-komponen elektronika itu menjadi terlihat rapi tidak semrawut dan mudah untuk melacak kesalahan atau kerusakan bila peralatan tersebut suatu saat nanti mangalami gangguan.
PCB terbuat dari lempeng fiber yang dilapisi oleh tembaga.
Ada beberapa type PCB kosong yang ada dipasaran yaitu
SINGLE SIDE, DOUBLE SIDE dan MULTI LAYER.
Single Side artinya papan PCB tersebut hanya mempunyai satu sisi yang dilapisi oleh lempeng tembaga. Double Side artinya papan PCB tersebut mempunyai dua sisi yang dilapisi oleh lempeng tembaga dan lapisan fibernya ada diantara dua lapisan tembaga tersebut.
Sedangkan untuk type Multi Layer biasanya hanya dibuat oleh pabrik pembuat peralatan tersebut.
Type multi layer ini terdiri dari beberapa lapis tembaga dan fiber yang disusun secara berselingan.
Untuk jelasnya lihat gambar dibawah ini.


Warna orange pada gambar diatas adalah sisi dari lempeng tembaga, sedangkan yang berwarna coklat adalah lapisan fiber. Lapisan tembaga inilah yang nantinya menjadi konduktor dari komponen yang satu ke komponen lainnya, sedangkan lapisan fiber sebagai isolator, karena tidak dapat menghantarkan listrik.

Untuk membuat jalur-jalur pada PCB diperlukan suatu teknik kimia dengan bantuan cairan FeCl3 ( Ferri Cloride ) proses ini sebenarnya mirip dengan pengkikisan batu tebing dipinggir laut yang habis dikikis oleh gelombang air laut yang sedikit-demi sedikit mengkikisnya. Dalam dunia ELEKTRONIKA proses ini dinamakan ETCHING.

Banyak cara untuk melakukan proses ETCHING. Tapi untuk Industri yang berskala besar biasanya menggunakan proses ELEKTROLISIS untuk menghasilkan sebuah PCB yang bagus dan dapat diproses dengan cepat serta hasilnya memadai, tapi yah proses itu tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk Home Industri justru sebaliknya proses ETCHING  yang paling murah dan mudah.




cara membuat PCB bisa diliat disini : http://elektroku-elektro.blogspot.com/2013/01/cara-membuat-pcb.html